Selasa, 23 Juli 2013

Bab 25 Bait 5



PENJELASAN SUTRA USIA TANPA BATAS

Bait sutra :


xíng    pú      sà       dào     zhū     wǎng  shēng zhě 
                     道,                        者,

jiē       dé      ā        wéi     yuè      zhì      jiē        jù
                                   致。         

jīn      sè       sān     shí      èr       xiàng  jiē       dāng
                                   相。         

zuò     fó       yù       yú       hé      fāng     fó       guó
       佛。                                     

zuò     fó       cóng   xīn      suǒ     yuàn   suí      qí
       佛,                        願。         

jīng     jìn      zǎo     wǎn    qiú      dào     bù      xiū 
                     晚,                        休,

huì     dāng   dé      zhī       bù      shī       qí       suǒ     yuàn    yě 
                     之,                                      也。






 Penjelasan:

Praktisi yang bukan melatih Ajaran Sukhavati namun melatih pintu Dharma Mahayana lainnya, harus melimpahkan jasa kebajikan yang telah ditimbunnya, bertekad terlahir ke Alam Sukhavati. Praktisi ini juga akan memperoleh ketidakmunduran. Dan lagi sempurna akan tubuh keemasan, 32 tanda Buddha, dalam satu kelahiran mencapai KeBuddhaan. Tak peduli di penjuru alam manapun, asalkan ada makhluk yang mengharapkan Ajaran Buddha, maka mereka akan memenuhi harapan para makhluk untuk menampilkan diri mencapai KeBuddhaan di alam tersebut.  Mengenai cepat lambatnya pencapaian KeBuddhaan, tergantung pada ketekunan masing-masing. Mereka tidak beristirahat dalam melatih diri, walaupun ada yang mencapai hasil lebih awal atau akhir, namun takkan kehilangan tekad untuk mencapai KeBuddhaan, pasti akan terwujud, dalam satu kelahiran pasti mencapai KeBuddhaan.

Bagian ini adalah keterangan tambahan tentang praktisi yang mempelajari aliran Mahayana lainnya, melimpahkan jasa kebajikan bertekad lahir ke Alam Sukhavati, sebab  dan akibatnya.



《解》有不是專修淨土而修學其他大乘菩薩法門的人,他們將自己修行的功德迴向,求生到極樂世界。這些人的一切受用、位次都是平等,都得三種不退轉的果位(七地以 上)。而且具足紫磨真金色身,三十二種大丈夫相,一生圓滿成佛。無論那方世界,眾生有感,希望有佛去教化,他們都會隨眾生的願望到那裡去示現作佛。至於成 佛之期,則隨各人精進程度,成佛有早晚的不同。他們都是求道不休,雖有先後差別,但決不違失成佛之願,一定可以兌現,這一生決定成佛。

這一段是補充說明修學其他大乘法門的人,迴向求生的因行果報。



Dikutip dari  : Penjelasan ringkas Sutra Usia Tanpa Batas
Oleh  : Master Chin Kung