PENJELASAN SUTRA USIA TANPA BATAS
Bait sutra :
rú shì wǔ è
wǔ tòng
wǔ shāo
如 是 五 惡、 五 痛、 五 燒,
pì rú dà huǒ
fén shāo rén shēn
譬 如 大 火, 焚 燒 人 身。
ruò néng zì yú qí zhōng yì xīn
若 能 自 於 其 中 一 心
zhì yì
duān shēn zhèng niàn
制 意。 端 身 正 念,
yán xíng xiāng fù
suǒ zuò zhì chéng
言 行 相 副。 所 作 至 誠,
dú zuò zhū shàn bù wéi zhòng è
獨 作 諸 善, 不 為 眾 惡。
shēn dú dù tuō
huò qí fú dé
身 獨 度 脫, 獲 其 福 德。
kě dé cháng shòu
ní huán zhī dào
可 得 長 壽, 泥 洹 之 道,
shì wéi wǔ dà shàn yě
是 為 五 大 善 也。
Penjelasan :
Dibagian terakhir ini Buddha menasehati kita agar memperbaiki diri ke jalan yang benar. Lima kejahatan adalah sebab melakukan kejahatan, lima penderitaan adalah akibat yang tampak pada kehidupan sekarang, lima kobaran adalah akibat perbuatan yang diterima di tiga alam penderitaan. Api besar membakar seluruh tubuh diibaratkan sebagai lima kobaran. Buddha berkata : Jika ada orang yang berada di dalam lima penderitaan dan lima kobaran, mampu menfokuskan diri, menaklukkan lobha, dosa dan moha. Ucapannya juga selaras dengan tindakannya, jujur dan tidak berdusta, jangan melakukan kejahatan, perbanyaklah kebajikan. Orang sedemikian pasti akan memperoleh berkah, terlepas dari tumimbal lahir; kehidupan sekarang memperoleh usia panjang, kelak menuruti pelafalan Amituofo, terlahir ke Alam Sukhavati, tidak mundur dari pencapaian KeBuddhaan, barulah disebut Lima Kebajikan Besar!
Buddha di dalam bait sutra ini, mengajari orang untuk menyadari hukum sebab akibat. Membawa serta rintangan karma terlahir ke Alam Sukhavati, ini hanya terbatas pada karma yang diperbuat pada kelahiran sebelumnya, dan bukan karma yang diperbuat sekarang. Di dalam Mahā parinirvāṇa Sutra tertera “melepaskan pisau jagal, segera mencapai KeBuddhaan”. Maka itu ketahuilah bahwa untuk mencapai KeBuddhaan, harus melepaskan pisau jagal (diperumpamakan sebagai tidak lagi melakukan perbuatan jahat). Para praktisi Ajaran Sukhavati, jika sambil melafal Amituofo sambil melakukan kejahatan, pasti tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati.
《解》佛 在此末後一段,普勸我們改過修善。五惡是造作惡因,五痛是現世花報,五燒是三途的果報。大火燒身是比喻五燒。佛說:如果有人能於五痛五燒之中,專心一志, 克制自己貪瞋痴三惡。又能言行一致,誠實不欺,諸惡莫作,眾善奉行。如是之人,必能得福,度脫生死;現世可得長壽,將來依念佛、往生、不退成佛,才是真實 的五大善啊!
佛在這一品經中,教人要深明善惡果報。淨宗的帶業往生,只限宿業,而決非現前所造之業。《涅槃經》說,「廣額屠兒,放下屠刀,立地成佛。」故知成佛,必須放下屠刀(比喻不再造惡業)。修淨土者,若一面念佛,一面作惡,決定不能往生。
Dikutip dari : Penjelasan ringkas Sutra Usia Tanpa Batas
Oleh : Master Chin Kung